Saturday 17 May 2014

Pengertian Senam Aerobik

Posted by bayu hidayat on 11:01 with 6 comments
arian aerobik populer pada akhir 1970-an. Namun, saat ini senam aerobik digemari berbagai kalangan usia. Hal tersebut dapat Anda lihat setiap Minggu pagi, lapang-lapang atau di pelataran parkir dijadikan sebagai tempat untuk melakukan senam aerobik. 

Lalu, apa yang dimaksud senam aerobik? Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Aerobik mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru.

Manfaat Senam Aerobik
Senam aerobik mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Tidak heran semakin hari semakin banyak orang yang menggemari latihan aerobik. Berikut ini merupakan manfaat melakukan senam aerobik.

Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru
Selama bergerak, otot membutuhkan asupan oksigen untuk bekerja. Ketika beban kerja meningkat, tubuh menanggapinya dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke seluruh otot dan jantung. Akibatnya, detak jantung dan frekuensi pernapasan meningkat sampai memenuhi kebutuhannya. Oksigen diubah menjadi karbondioksida, yang kemudian diembuskan. Selain itu, tubuh akan berkeringat membakar kalori dan lemak.

Meningkatkan Kekuatan Otot
Otot-otot harus dilatih melebihi beban normal. Hal ini disebut prinsip beban lebih (overload system). Untuk meningkatkan kekuatan otot, harus dilatih pada intensitas yang tinggi dalam waktu singkat, mempergunakan tenaga yang maksimal dan dilakukan secara diulang-ulang. Selain itu, berikan beban yang bervariasi supaya lebih, karena intensitas latihan beragam, dari latihan berintensitas tinggi sampai dengan intensitas yang sangat rendah, sebagai contoh aktivitas bersepeda.

Meningkatkan Kelentukan
Kelentukan adalah gerakan yang berada di sekeliling sendi. Setelah menyelesaikan latihan aerobik, melakukan peregangan akan membantu meningkatkan kelentukan dan juga membantu sirkulasi darah ke jantung. Otot sifatnya seperti pita karet. Semakin kuat mengangkatnya, semakin elastis karet itu. Jika secara rutin meregangkan badan selesai latihan, akan membuat otot persendian akan berkembang.

Komposisi Tubuh
Latihan aerobik yang tepat akan membantu mengubah komposisi tubuh, menghindari tubuh menjadi gemuk dan membentuk otot-otot. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa aerobik tidak dapat mengurangi berat badan hanya pada satu bagian tubuh saja.

6 comments:

  1. salam kenal sis
    kalo senamnya itu sendri dilakuin di mlem hari apkah manfaatny sama ? n klo mau bli baju senam murah ddaerh surbya dmna yah ??
    mksih sista :)

    ReplyDelete
  2. Salam Kenal Gan
    KLo Boleh tau Senam Aerobic Itu berasal dari mana ?...
    sama Klo Boleh ditambah Vidio juga sis Biar lebih menarik...
    dan klo beli baju senam terbaru dan bagus buat senam aerobic Dimanaya
    Mohon Infonya dan salam sukses....

    ReplyDelete
  3. selamat siang agan-agan sedang mencari tempat jualan baju senam wanita buka aja www.bajusenamgrosir.com. barangnya bagus-bagus lho?

    ReplyDelete
  4. thx gan infonya udah di share......hmmm ngomong2 nich gan ada yg tau gk toko yg menjual koleksi baju senam body image terbaru

    ReplyDelete
  5. untuk senam aerobik sebaiknya dilakukan berapa kali dalam 1 minggu sis? porsinya ada berapa jam yaa? trus baju senam model seperti apa yang paling pas untuk senam aerobik ya sis?

    ReplyDelete
  6. Salam Olahraga,
    oh iya saya mau bertanya, untuk pelopor senam pertamakali di Indonesia siapa dan pada tahun berapa ya? dan klo info mengenai model baju senam crystal terbaru or trend saat ini di mana ya? mhon infonya ya trims :)
    Salam supeer (y)

    ReplyDelete