Sunday 26 January 2014

Pembuat Mobil

Posted by bayu hidayat on 19:32 with No comments


Adam Opel (lahir 9 Mei 1837 – meninggal 8 September 1895 pada umur 58 tahun) adalah pendiri pembuat mobil Jerman, Opel. Ia lahir pada tahun 1838 di kota Rüsselsheim, Jerman di dekat Frankfurt. Ia berkelana di Eropa sebagai remaja, dan terkagum dengan mesin jahit. Pada tahun 1863, ia membuka pabrik di Rüsselsheim untuk memproduksi mesin tersebut.

Pada tahun 1868, Opel menikahi Sophie Marie Scheller. Mereka akan memiliki lima anak: Carl, Wilhelm, Heinrich, Friedrich dan Ludwig. Mereka berlima akan ikut serta dalam bisnis keluarga yang berkembang. Pada tahun 1885, Opel menjadi pembuat sepeda. Ia meninggal pada tahun 1895, dengan perusahannya menjadi pemimpin penjualan mesin jahit Eropa dan telah memproduksi lebih dari 2.000 sepeda per tahun.

Sejarah perusahaan Opel tertanam di abad ke-19. Pada pertengahan abad itu, di tahun 60-an Adam Opel membuka perusahaan sendiri. Dalam sebuah bangunan bekas kandang sapi, di kota Rüsselheim dekat Frankfurt am Main, ahli montir itu mulai memproduksi mesin jahit. Menikah dengan putri seorang pengusaha, Adam Opel mendapatkan dana dari mertuanya untuk memperbesar usaha. Sumbangan itu tidak ia sia-siakan dan atas desakan kelima putranya, Adam Opel juga mulai memproduksi sepeda.

Kemudian tiga tahun setelah Adam Opel wafat, tahun 1889, perusahaan yang diambil alih para putranya itu berubah haluan produksi dan menjadi pabrik mobil. Selama perang dunia pertama, Opel memproduksi truk. Keuntungannya besar. Namun usai perang, sekutu yang berkuasa itu melarangnya. Opel baru menghasilkan truk lagi pada tahun 1927, kali ini yang berukuran lebih kecil. Produknya begitu diminati, sehingga sebelum pecahnya resesi, Opel merupakan perusahaan otomotif terbesar di seluruh Jerman dengan 44% pangsa pasar.

Adam Opel AG (umumnya disebut Opel) adalah perusahaan manufaktur mobil yang berbasis di Rüsselsheim, distrik Groß-Gerau, Jerman. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 21 Januari 1862, dan mulai memproduksi mobil pada tahun 1899. Perusahaan ini merupakan salah satu devisi dari General Motors Corporation (NYSE: GM), juga dikenal dengan GM, adalah sebuah perusahaan otomotif multinasional yang bermarkas di Renaissance Center di Detroit, Michigan, Amerika Serikat.

GM mempunyai bisnis di 157 negara di seluruh dunia dan mempunyai pabrik di 31 negara. Saat ini, GM termasuk produsen mobil terbesar di dunia. Total, saat ini GM mempunyai 10 merek mobil: Baojun, Buick, Cadillac, Chevrolet, GMC, Jiefang, Holden, Opel, Wuling dan Vauxhall. Divisi Chevrolet dan GMC memproduksi truk, dan juga kendaraan penumpang lainnya. Merek lainnya termasuk ACDelco, Allison Transmission, dan General Motors Electro-Motive Division yang memproduksi lokomotif diesel-listrik. GM juga mempunyai bagian dalam Isuzu, Subaru, dan Suzuki di Jepang dan sebuah joint venture dengan AutoVAZ (Lada) di Rusia.

Pada Desember 2003, GM membeli Delta di Afrika Selatan, di mana GM telah sebelumnya mengambil 45% bagian pada 1997, dan sekarang menjadi anak perusahaan yang dimiliki penuh, General Motors Afrika Selatan. Pada 2001, GM menjual 8,5 juta kendaraan melalui seluruh cabangnya. Pada 2002, GM menjual 15% dari seluruh kendaraan dan truk di dunia. Mereka juga memiliki Electronic Data Systems dari 1984 sampai 1996 dan, sebelum menjualnya ke News Corporation, DirecTV. GM memiliki Frigidaire dari 1918 sampai 1979.

Perusahaan mobil Opel di Jerman berada dalam krisis. Agar bisa bertahan, Opel yang merupakan anak perusahaan General Motors atau GM di Amerika Serikat, membutuhkan sedikitnya 3,3 milyar Euro.
Namun GM tidak bisa membantu. Dari kantor pusat di Detroit, GM baru melaporkan kerugian 30 milyar Dolar AS di tahun 2008. Akibatnya di Jerman, pilihan Opel tak banyak. Perusahaan ini berpaling ke pemerintah untuk mendapatkan dukungan. Hal yang memicu perdebatan luas.

Saat ini, lebih dari 25 ribu orang bekerja pada pabrik-pabrik Opel dan sekitar 25 ribu perusahaan lain memasok kebutuhan untuk memproduksi mobil yang berlambang petir itu. Jumlah yang tidak sedikit. Tapi sebenarnya sepuluh tahun lalu, jumlah pekerja di pabrik itu bahkan dua kali lipat. Prestasi di bidang produksinya betul-betul bagus. Di pihak lain, Opel telah melalaikan citranya dan kini sebagai nama merek sudah sangat tertinggal, dan ini adalah sesuatu yang sulit diatasi.

General Motor (GM) menanam sebuah program investasi untuk menyembuhkan Opel dalam empat tahun ke depan. Para petinggi GM mengatakan di kota kelahiran Opel, Russelsheim, Jerman, total dana yang digelontorkan adalah USD5.23 miliar atau berjumlah Rp50,7 triliun. Bagian terbesarnya akan diberikan pada pengembangan model Opel/Vauxhall, bersamaan dengan GM Eropa yang akan meluncurkan 23 model terbaru, seperti unit Cascada cabriolet dan 13 mesin baru di 2016.

Para petinggi GM yang bertemu di Jerman ingin mendapatkan informasi secara langsung dari perkembangan 10 tahun strategi DRIVE!2022 serta laporan pengembangan dari krisi ekonomi Eropa yang mempengaruhi pasar. Setelah konfrensi pers selesai, Dan Akerson, mengibaratkan separuh tembok Berlin telah dimiliki Opel dan akan diletakan di depan Adam Opel Haus. "Simbol itu akan mengingatkan semua orang untuk menghancurkan tembok yang ada di kepala kita, dan dengan adanya perbedaan budaya tersebut sekarang kita akan mulai babak baru dari sejarah Opel," imbuh Neumann. - 234

0 comments:

Post a Comment