Saturday 17 May 2014

Nutrisi Penting Pasca Melahirkan

Posted by bayu hidayat on 14:37 with No comments
Seorang ibu yang baru melahirkan atau persalinan pasti mempunyai keinginan agar tubuhnya bisa kembali ke bentuk semula. Bahkan ada juga sampai menempuh jalan diet mati-matian. Padahal, seusai melahirkan, tubuh pun perlu asupan nutrisi yang tepat agar bisa tetap berenergi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sekaligus tetap menjaga kualitas ASI. Berikut ini beberapa makanan nutrisi penting pasca melahirkan yang sebaiknya dikonsumsi oleh para ibu baru setelah melakukan persalinan.

Nutrisi penting pasca melahirkan yang pertama adalah Makanan yang mengandung kaya akan protein. Kebutuhan yang dianjurkan dalam satu hari adalah untuk ibu menyusui sebanyak 7 takar jenis makanan berikut ini dan 5 takar untuk ibu yang tidak menyusui. Untuk satu takarannya masing-masing setara dengan: 1 ons ikan atau makanan seafood lainnya; 1 ons daging ayam, sapi, atau babi; 1 butir telur rebus, ½ cangkir sayur buncis (kedelai), dan ¼ cangkir kacang tanah. Agar kebutuhan protein anda maksimal, maka penuhilah kebutuhan protein tubuh anda.

Nutrisi penting pasca melahirkan lainnya adalah Makanan yang mengandung kaya kalsium. Untuk ibu menyusui kebutuhan yang dianjurkan dalam satu hari adalah sebanyak 3 takar jenis makanan berikut ini dan 3 takar untuk ibu yang tidak menyusui. Untuk satu takarannya masing-masing setara dengan: 8 ons susu cair atau yogurt; ½ ons keju; ½ cangkir es krim; 1 cangkir puding.

Nutrisi penting pasca melahirkan berikutnya adalah Makanan yang kaya akan karbohidrat. Kebutuhan yang dianjurkan dalam satu hari adalah untuk ibu menyusui sebanyak 7 takar jenis makanan berikut ini dan 6 takar untuk ibu yang tidak menyusui. Di mana untuk satu takarannya masing-masing setara dengan: ½ cangkir nasi putih, 1 potong roti, ½ cangkir sereal, 1 potong kecil jagung. Penuhilah kebutuhan karbohidrat anda.

Nutrisi penting pasca melahirkan selanjutnya adalah Makanan yang kaya akan vitamin C. Kebutuhan akan vitamin C yang dianjurkan dalam satu hari adalah untuk ibu menyusui sebanyak 1 takar jenis makanan berikut ini dan juga 1 takar untuk ibu yang tidak menyusui. Di mana untuk satu takarannya masing-masing setara dengan: 6 ons jeruk, tomat, anggur; ½ cangkir pepaya, ½ cangkir stroberi.

Nutrisi penting pasca melahirkan selanjutnya adalah Makanan yang mengandung zat besi. Kehilangan banyak darah selama proses melahirkan dapat menyebabkan ibu akan merasa lemah, lelah, sesak, dan nafsu makan yang menurun. Kehilangan darah ini akan mengakibatkan simpanan zat besi akan berkurang.

Mengkonsumsi daging dan ikan serta produk sayur-sayuran dapat membantu mengembalikan simpanan zat besi di dalam tubuh. Agar penyerapan zat besi di dalam usus menjadi lebih baik, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan/minuman yang kaya akan vitamin C, seperti jus jeruk dan menghindari konsumsi teh, karena dapat menurunkan absorpsi zat besi di dalam usus.

Nutrisi penting pasca melahirkan selanjutnya adalah Makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Untuk ibu menyusui kebutuhan yang dianjurkan dalam satu hari adalah sebanyak 3 takar jenis makanan berikut ini dan juga 3 takar untuk ibu yang tidak menyusui. Di mana untuk satu takarannya masing-masing setara dengan: 1 sendok teh margarin, mayonaise; 1/8 gelas jus alpokat.

Nutrisi penting pasca melahirkan berikutnya merupakan Makanan yang kaya akan vitamin A. Untuk ibu menyusui kebutuhan yang dianjurkan dalam satu hari adalah sebanyak 1 takar jenis makanan berikut ini dan juga 1 takar untuk ibu yang tidak menyusui. Di mana untuk satu takarannya masing-masing setara dengan: 1 potong kecil wortel; ½ cangkir bayam, buncis, lobak; ¼ cangkir mangga.

0 comments:

Post a Comment