Saturday 17 May 2014

Sejarah Senam

Posted by bayu hidayat on 10:44 with 7 comments
Menurut asal kata, senam (gymnastics) berasal dari bahasa Yunani, yang artinya: “untuk menerangkan bermacam-macam gerak yang dilakukan oleh atlet-atlet yang telanjang”. Dalam abad Yunani kuno, senam dilakukan untuk menjaga kesehatan dan membuat pertumbuhan badan yang harmonis, dan tidak dipertandingkan. Baru pada akhir abad 19, peraturan-peraturan dalam senam mulai ditentukan dan dibuat untuk dipertandingkan. Pada awal modern Olympic Games, senam dianggap sebagai suatu demonstrasi seni daripada sebagai salah satu cabang olahraga yang teratur.

Menurut Menke G. Frank dalam Encyclopedia of Sport, as Bannes and Company, New York, 1960, senam terdiri dari gerakan-gerakan yang luas/banyak atau menyeluruh dari latihan-latihan yang dapat membangun atau membentuk otot-otot tubuh seperti : pergelangan tangan, punggung, lengan dan lain sebagainya. Senam atau latihan tersebut termasuk juga : unsur-unsur jungkir balik, lompatan, memanjat dan keseimbangan.

Sedang Drs. Imam Hidayat dalam bukunya Penuntun Pelajaran Praktek Senam, STO Bandung, Maret 1970 menyatakan, “Senam ialah latihan tubuh yang diciptakan dengan sengaja, disusun secara sistematik dan dilakukan secara sadar dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis”.

Olahraga senam sendiri ada bermacam-macam, seperti : senam kuno, senam sekolah, senam alat, senam korektif, senam irama, turnen, senam artistik. Secara umum senam memang demikian adanya, dari tahun ke tahun mengalami penyempurnaan dan semakin berkembang. Yang dulunya tidak untuk dipertandingkan, namun sejak akhir abad 19 mulai dipertandingkan. Dibentuklah wadah senam internasional, dengan nama Federation International de Gymnastique (FIG), yang mengelola antara lain :

7 comments:

  1. salam kenal :) . . . utk senam hamil ini mulai populer di indonesia dri kapan yah ?? sbrapa pnting ya snam hmil ini utk ibu hmil ? n apkh perlu jga mmakai bju snam sperti baju senam venice beach utk hsil yg max.?

    ReplyDelete
  2. salam kenal shob.... :)
    wah artikelnya sangat membantu gan... ane jadi lebih paham sejarah senam gan.... numpang nanya nich gan kalo tempat jual baju senam body image dimana ya gan....??? soalnya lagi trend nich gan.... mohon infonya ya gan.... :)

    ReplyDelete
  3. Mantab artikel'nya Lengkap bingits gan, tapi kok sejarah yg di Indonesia mana ya gan?, trus dulu itu kalau senam apakah juga pakai baju senam wanita yg sprti sekarang ini? thx ya gan..

    ReplyDelete
  4. Salam kenal ...
    dan kalau kehamilan memasuki usia 8 bulan masihkah boleh melakukan senam ibu hamil ini? apalagi bila dada terasa sesak. dan kalau cari kostum baju senam murah surabaya dimana ya mbak? makasih

    ReplyDelete
  5. Artikelnya Mantap oy :D hehehe, thank banget ya kak, bisa bantu meringankan tugas ane nich, oh iya kak, tmpat jual baju senam wanita yang daerah surabaya . thank ya kak, ane tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete
  6. Salam manis dari ane, dan terima kasih atas bantuannya, artikel anda sangat membantu ane meringankan tugas, oh iya bisa minta penjelasan, maksudnya baju senam cantik itu seperti gimana kah ?

    ReplyDelete
  7. Salam Olahraga
    Jika terjadi kesalahan dalam melakukan senam aerobik sehingga mengakibatkan cidera pada anggota tubuh, sebaiknya langkah pertama yg harus dilakukan bagaimana? dan bisa ngasih info mengenai tempat penjualan baju aerobik wanita khususnya di daerah Surabaya?
    Terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini :-)

    ReplyDelete