Saturday 17 May 2014

Senam Lantai

Posted by bayu hidayat on 11:09 with 5 comments
Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise, tetapi ada juga yang menamakan tumbling. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras, unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang. Jenis senam ini juga disebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus. 

Bila pesenam membawa alat berupa bola, pita, atau alat lain, itu hanyalah alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan, ketrampilan, dan keseimbangan.

Senam lantai dilakukan di atas area seluas 12×12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam. Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ringan, sedang, berat, dan akrobatik, serta mengandung gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan, dll. Pesenam pria tanpil dalam waktu 70 detik dan wanita tampil diiringi music dalam waktu 90 detik. Gerkan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.

5 comments:

  1. makasih infonya nich sis....... hmmm kalo boleh nanya nich tempat jual baju senam wanita itu dimana ya ....???

    ReplyDelete
  2. knapa grakan salto hrus stinggi bahunya ?? efekny apa yah ?? n btw apa snam lantai ini mmbtuhkn bju snam khusus gtu sperti baju senam body image ??
    mkasih :)

    ReplyDelete
  3. Salam kenal sob. . .
    untuk senam Manfaatnya apa saja sis ... ^^. Oiya tau gak tempat yang jual baju senam terbaru dimana ya?
    terimakasih semoga sukses selalu^^

    ReplyDelete
  4. Bagaimana yah gan untuk mengurangi tingkat kecederaan/kecelakaan jang dialami oleh pesenam saat melakukan gerakan senam? Dan apakah baju senam terbaru utk skrng ini syudah memenuhi standart yang sesuai untuk digunakan seorang pesenam? Terima kasih ^^

    ReplyDelete
  5. Salam Olahraga Gan,
    Bisa dijelaskan kembali manfaat dari Senam Lantai ini?
    btw, di mana tempat penjualan kaos kaki wanita dan sepatunya juga yg keren-keren gitu?
    Salam sukses dan thanks atas artikelnya ^_^

    ReplyDelete